RS Islam Yogyakarta PDHI menerima kunjungan industri dari SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang, di gedung pertemuan setempat, Kamis (27/12). Sebanyak 80 siswa jurusan keperawatan tersebut ingin belajar ke lapangan terkait keperawatan di rumah sakit.

Direktur RS Islam Yogyakarta PDHI, dr. H. Bima Achmad Bina Nurutama menyambut baik kunjungan industri tersebut. Ia mengucapkan terima kasihnya atas kunjungannya. Dalam sambutannya, ia mengenalkan bahwa RSIY PDHI sudah mendapatkan sertifikat paripurna dari KARS dan sertifikat sebagai RS Syariah dari MUI. “Khusus RS Syariah, kita termasuk rumah sakit pertama di Indonesia bahkan di dunia yang masuk 10 rumah sakit syariah,” ujarnya.

Siswa SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang

Lalu bedanya apa dengan rumah sakit yang belum syariah, khususnya dalam keperawatan? dr. Bima menjelaskan bahwa rumah sakit syariah selalu menjadikan syariat Islam sebagai acuan dalam asuhan keperawatan kepada pasien. “Di RS Syariah, terdapat standar-standar mutu keperawatan yang didasarkan pada prinsip syariah,” jelasnya.

Standar mutu keperawatan di RS syariah tersebut misalnya, pemasangan kateter sesuai gender, pasien muslim yang sakaratul maut harus ditalkinkan, mengingatkan waktu shalat pasien, membaca bismilah sebelum tindakan dan lainnya. “Dengan adanya jaminan syariah ini, maka pasien kita menjadi senang dan tenang,” jelas dr. Bima.

dr. H. Bima Achmad Bina Nurutama memberi sambutan.

Selain itu, dr. Bima berpesan kepada para siswa untuk senantiasa bersemangat dalam menuntut ilmu. Ia mengajak para siswa untuk terus belajar. “Jangan berhenti belajar, dan teruslah belajar, karena dari sini akan turun keberkahan,” ujarnya.

Bahkan, dr. Bima juga menantang para siswa untuk dapat menggapai kesuksesan dengan prinsip kebermanfaatan. “Jadilah orang sukses dengan banyak memberi kemanfaatan. Karena dengan banyak memberi manfaat, maka kesuksesan akan mengikutinya,” tandasnya.

Sementara itu, guru pendamping dalam kegiatan kunjungan industri SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang, Ainun Nadjib menyambut baik sambutan yang luar biasa dari RSIY PDHI. Pihaknya berterima kasih atas sambutan dan apresiasinya dari direktur. “Terima kasih atas sambutannya. Ini adalah kunjungan industri ketiga kami di RSIY PDHI. Semoga siswa-siswi kami dapat belajar langsung di rumah sakit ini,” jelasnya.

Sebagian siswa berfoto bersama.

Setelah itu, peserta kunjungan industri mendapat materi keperawatan dari Manajer Keperawatan RSIY PDHI, Dwi Kurniawati. Setelah mendapat materi keperawatan, siswa diajak berkeliling rumah sakit untuk melihat langsung pelayanan dan fasilitas yang dimiliki RSIY PDHI.

Print Friendly, PDF & Email
Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019-IT Kreatif

For emergency cases