RSIY Gelar Pengobatan Gratis di Desa Geneng Prambanan


RS Islam Yogyakarta PDHI Peduli bekerja sama dengan Sedekah Seribu (Serbu) Yogyakarta, menggelar bakti social berupa pengobatan gratis di desa Geneng, kecamatan Prambanan, Hari Minggu kemarin. Sebanyak 60 orang dari desa tersebut mengikuti pengobatan gratis.

dr. Vera Nopalinda yang ikut dalam acara tersebut menjelaskan bahwa acara ini terselenggara berkat kerja sama RSIY PDHI Peduli dan Serbu. Acara ini adalah pengajian sekaligus pengobatan gratis kepada masyarakat di desa Geneng. “Mereka yang mengikuti pengobatan umumnya adalah para lansia dan remaja,” jelasnya.

Petugas Kesehatan RSIY PDHI sedang melakukan pengobatan gratis

Menurut dr. Vera, keluhan kesehatan mereka pada umumnya sama, baik dari kalangan lansia maupun para remaja. Para lansia mengeluhkan sakit nyeri dan linu-linu. Keluhan ini sangat umum diderita oleh para lansia karena memang kondisi biologis mereka sudah menurun. Sedangkan, untuk para remaja, umumnya mereka mengeluhkan sering pusing di kepala. “Setelah ditensi ternyata kekurangan darah. Ini terjadi karena mereka pola makannya tidak teratur dan kurang,” jelasnya.

Selain bakti sosial, acara tersebut juga dalam rangka mengenalkan RSIY PDHI ke masyarakat di desa Geneng. Menurut dr. Vera, pihaknya juga mengenalkan RSIY PDHI kepada masyarakat bahwa ada rumah sakit Islam yang dekat dengan wilayahnya. “Kita mengenalkan beberapa layanan kesehatan yang ada di RSIY PDHI, termasuk layanan ambulans gratis,” katanya.

Masyarakat desa Geneng sangat antusias menyambut bakti sosial berupa pengobatan gratis tersebut. Mereka berharap, kegiatan seperti ini agar lebih sering dilakukan kembali.