Penyakit jantung dan pembuluh darah, saat ini masih menduduki peringkat teratas sebagai penyebab kematian di Indonesia maupun di negara-negara maju lainnya. Stres, merokok, kurang berolahraga, penyakit tekanan darah tinggi, diabetes melitus (kencing manis) merupakan beberapa faktor resiko penyebab terjadinya penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung banyak dialami pada masa sekarang ini dan memerlukan perhatian khusus seorang dokter spesialis jantung untuk pemeriksaannya. Kasus yang dialami oleh penderita penyakit jantung dapat bermacam-macam, seperti penyempitan pembuluh darah koroner, penyempitan katup jantung dan penyakit yang berhubungan dengan jantung lainnya.
Di RS Islam Yogyakarta PDHI, terdapat Klinik Jantung yang memberikan layanan konsultasi dan fasilitas check up jantung yang didukung dengan peralatan-peralatan khusus, seperti pemeriksaan Echo Cardiografi, pemeriksaan holter monitoring (Rekam Elektrokardiografi selama 24 jam), Elektrokardiografi maupun Treadmill.

Setelah dilakukan konsultasi pasien, para dokter spesialisas jantung akan memberikan pengobatan atau terapi yang sesuai dengan keluhan dan masalah pasien tersebut. Untuk pasien dengan tingkat kesulitan tinggi dan memerlukan tindakan lebih lanjut (operasi) atau tindakan medis lainnya akan dirujuk ke rumah sakit khusus jantung oleh pihak dokter agar dapat dilakukan tindakan yang tepat.

Print Friendly, PDF & Email